Kamis, 21 Oktober 2010

Lebaran 2010


Lebaran telah usai tetapi menyisakan banyak kenangan yang selalu terulang disetiap tahun. Silahturami. Walaupun aku seorang nasrani namun keluarga dari pihak ibu mayoritas muslim, jadi dari kecil aku sudah terbiasa merayakan lebaran. Mungkin aku sedikit dari banyak orang nasrani yang mendapat salam temple pada waktu lebaran. Uang yang didapat pun tidak sedikit, tapi lumayan banyak. Padahal dilihat dari umur, gua bukan anak kecil lagi.
Perjalanan lebaranku dimulai dari rumah mbah uti di caruban. Berhubung mbah uti termasuk sesepuh disana jadi banyak yang dating sungkem ke tempat mbah uti. Jadi ikutan sungkem deh. Yang paling teringat adalah saat melihat teman-teman sepermainan di caruban yang udah pada gede-gede. Jadi kangen kembali ke masa waktu kecil. Apalagi ada beberapa teman yang tidak tahu dimana saat ini. Waktu menjadi terasa berharga.
Lalu yang menjadi acara wajib kalau ke Caruban adalah ziarah ke makam mbah kung dan potong rambut di salonya cik ico. Mungkin yang paling aneh potong rambutnya. Mengapa? Karena harus gua akui potongannya cik ico keren banget, padahal alat alat salonnya sederhana. Luar biasa deh.
Setelah kedatangan Bude, Pakde, dan sepupu dari Lumajang untuk singgah sebentar,  gua merencanakan perjalanan gua selanjutnya. Malang. Nah yang paling  konyol dalam perjalanan adalah pada saat di saradan sampai kertosono macet total, otomatis banyak yang kebelet pipis. Dan tau ga pipis dimana akhirnya… Pasar Ikan bro, hahahaha kacau banget. Ga tau gimana ntar pagi, pesing pasti.
Lanjut….
Di Malang merupakan pusat keluarganya Ibu. Jadi bias menjadi mata pencaharian dadakan, hehehe.
Perjalanan ke Malang yang super macet, membuat perut ini lapar. Apalagi pas udah sampai di Malang, hujan turun dengan derasnya, membuat perjalanan semakin terhambat. Udah sampai di rumah keluarga di Malang, eh om gua gad a di rumah (menurut info dari tetangga, sama penjual kupang yang lagi berteduh). Sambil nunggu om gua balik, gua makan kupang deh. 2 porsi kupang + 6 sate kerang cukup untuk mengenyangkan perut ini. Eh ternyata dan ternyata tiba-tiba om gua keluar dari kamar. Om gua tidur ternyata. Cape deh…
Keliling-keliling ke saudara-saudara di Malang menjadi kesenangan tersendiri bagiku. Ternyata aku punya sepupu-sepupu yang cantik dan cakep, dan udah punya 2 keponakan lagi. Saudara di Malang tajir2 lagi. Panen sangu jadinya, hehehehehe.
Tidak lupa aku nyekar ke makam kakek nenek.
Untuk masalah makan, pas idul fitri gini so pasti berlebihan makanannya. Bertambah gendut sudah pasti. Arghhhh tidak….
Ehmmm yang paling menarik sih pas pulang ke Surabaya naik bis. Gua slalu ngarep orang yang duduk di sebelah gua cewek cakep, eh tapi yang belum pernah terjadi. Tapi kali ini kayaknya Tuhan ngabulin doa gua. Disebelah gua duduk cewek seksi ma cakep. Kayak pramugari gitu. Mantab deh pokoknya.. Asyiknya lagi pas dia lagi tidur, gua udah bayangin aneh-aneh, semisal gua bayangin dia itu istri gua dan lagi tidur disebelah gua. Romantis banget, hehehe. Apalagi hamper kepalanya jatuh ke pundak gua.
Nah dari semua itu yang saya bias mengambil hikmah, walau berbeda-beda tapi tetap satu. Itu yang memang harus dijunjung tinggi untuk mencapai kesatuan yang utuh. Dan satu hal lagi, ternyata saudara-saudaraku banyak… hehehehe, Cakep-cakep pula…
Sekian Terima Kasih…

Tidak ada komentar: