PT
AXA Financial Indonesia (AXA Financial)
# Profil Perusahaan
Merupakan perusahaan internasional dalam bidang asuransi yang bermarkas di Paris, Perancis. Perusahaan ini didirikan tahun 1816. Perusahaan ini mempekerjakan 189.000 pekerja dan beroperasi di Eropa Barat, Amerika Utara, dan Asia Pasifik
PT AXA Financial Indonesia (AXA Financial) merupakan bagian dari AXA Group, salah satu perusahaan asuransi dan manajemen aset terbesar di dunia yang didukung oleh 163.000 karyawan dan melayani 101 juta nasabah di 57 negara. AXA Financial adalah perusahaan asuransi jiwa dengan jalur distribusi keagenan yang senantiasa memperluas jaringan di Indonesia. AXA Financial didukung oleh lebih dari 6.000 agen profesional, 55 kantor pemasaran dan melayani sekitar 100.000 nasabah di seluruh Indonesia.
Kekuatan AXA Financial di bidang asuransi jiwa terbukti dengan meraih sejumlah penghargaan antara lain :
- Rekor Bisnis 2011
- Indonesia Brand Champion 2011
- Call Center Award 2011
- The Best Contact Center Indonesia 2011, dari Indonesia Contact Center Association (ICCA)
- Service Quality Award 2011
- Insurance Award 2012
- The
Best Contact Center Indonesia 2012
# Ambisi AXA Financial
AXA Financial berambisi menjadi perusahaan pilihan, baik bagi pemegang saham, nasabah, distributor, karyawan, dan masyarakat. AXA Financial berkomitmen untuk menjalankan bisnis secara bertanggung jawab dan membangun hubungan yang didasari kepercayaan dengan semua pemangku kepentingan.
Untuk menjadi perusahaan pilihan bagi karyawan, AXA Financial senantiasa menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan memastikan bahwa setiap karyawan memperoleh berbagai fasilitas untuk meningkatkan kompetensi mereka. Demikian pula bagi para distributor. AXA Financial berkomitmen untuk membantu para distributor mengoptimalkan kinerja mereka.
Karyawan yang kompeten dan distributor yang andal memampukan AXA Financial memberikan solusi keuangan dan layanan profesional berstandar tinggi bagi para nasabah secara konsisten. Konsistensi tersebut merupakan modal utama AXA Financial untuk mencapai performa yang luar biasa di jajaran industri asuransi jiwa, sekaligus mewujudkan ambisinya sebagai perusahaan pilihan bagi pemegang saham. AXA Financial pun berkomitmen untuk mengimbangi kesuksesan performa perusahaan dengan mengedukasi masyarakat serta berpartisipasi secara aktif dalam berbagai kegiatan kemanusiaan sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat.
# Nilai-nilai AXA Financial
Di AXA Financial, diterapkan nilai-nilai yang menjadi landasan untuk mewujudkan ambisi sebagai perusahaan pilihan. Kami menyebutnya PIPIT: professionalism, integrity, pragmatism, innovation, and team spirit.
Profesionalisme berarti kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang optimal dan berstandar tinggi, baik bagi nasabah dan seluruh pemangku kepentingan. Dengan semangat ini pula kami mengambil langkah nyata untuk memenuhi kebutuhan nasabah dan karyawan secara efisien, akurat, dan terpercaya. Hal itu kami lakukan dengan penuh integritas, melakukan semua hal dengan benar, tanpa kompromi.
Kami juga memegang nilai pragmatisme, yang berarti AXA Financial mengimplementasikan ide ke dalam langkah nyata, serta mengomunikasikannya secara jelas dan terbuka. Di samping itu, AXA Financial juga secara konsisten menciptakan inovasi baru sebagai nilai tambah bagi semua pemangku kepentingan. Semuanya kami lakukan dengan menjunjung team spirit, semangat kebersamaan sebagai satu perusahaan, AXA Financial.
AXA Financial berambisi menjadi perusahaan pilihan, baik bagi pemegang saham, nasabah, distributor, karyawan, dan masyarakat. AXA Financial berkomitmen untuk menjalankan bisnis secara bertanggung jawab dan membangun hubungan yang didasari kepercayaan dengan semua pemangku kepentingan.
# Strategi Perusahaan
Tetap fokus dalam mengembangkan jalur distribusi agensi untuk memperkuat jumlah agen. Berencana akan membuka jalur distribusi baru dan kantor pemasaran di berbagai kota di Indonesia untuk menambah jaringan yang sudah ada. Dan akan terus melakukan inovasi-inovasi produk retail untuk menambah jajaran produk.
# Taktik Perusahaan
- Memperkenalkan produk-produk keuangan melalui berbagai macam media. seperti cetak dan televisi.
- Mengembangkan website yang berisi info terbaru AXA, penjelasan produk, dan nilai investasi.
- Mengedukasi masyarakat serta berpartisipasi secara aktif dalam berbagai kegiatan kemanusiaan.
- Menciptakan lingkungan kerja yang nyaman.
- Memberikan pelatihan-pelatihan kepada para Financial Consultant untuk
mengoptimalkan kinerja mereka. - Memberikan
pelayanan yang terbaik.
#
Visi
Menjadi
mitra yang terpercaya.
Axa Financial bukanlah perusahaan yang hanya memikirkan keuntungan materi perusahaan semata. Visinya tidak hanya 10 atau 20 tahun ke depan, tapi jauh melebihi itu. Hal ini dapat dilihat dari visi Axa Financial yaitu Menjadi mitra yang terpercaya. Kenyamanan nasabah, kepercayaan nasabah, dan kepuasan nasabah menjadi kunci utama dalam keberlangsungan perusahaan ini. Untuk apa meraih untung banyak tetapi hanya berlangsung singkat, lebih baik memelihara nasabah dengan pelayanan sebaik-baiknya, dengan begitu akan bermunculan nasabah-nasabah baru yang akan bergabung.
# Misi
Memberikan
ketenangan bagi nasabah dalam menghadapi risiko kehidupan dan
membantu nasabah meraih impian masa depan.
Misi yang dicanangkan Axa Financial sejalan dengan visinya. Terus memberikan rasa aman kepada nasabah dalam menghadapi resiko kehidupan dan membantu nasabah dalam mengelola keuangan mereka sampai usia tua.
# Tujuan :
- Berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang optimal dan berstandar tinggi, baik bagi nasabah dan seluruh pemangku kepentingan.
- Memenuhi kebutuhan nasabah dan karyawan secara efisien, akurat, dan terpercaya.
dengan penuh integritas serta melakukan semua hal dengan benar, tanpa kompromi. - Mengimplementasikan ide ke dalam langkah nyata, serta mengomunikasikannya secara jelas dan terbuka.
- Secara konsisten menciptakan inovasi baru sebagai nilai tambah bagi semua pemangku kepentingan.
- Menjunjung team spirit, semangat kebersamaan sebagai satu perusahaan, AXA Financial.
# Segmentasi Pasar
Produk asuransi Axa Financial ini dijual pada semua kalangan dan lapisan masyarakat yang diyakini untuk jangka waktu kedepan semua orang butuh asuransi.
# Target Pasar
Seluruh masyarakat Indonesia. Sejauh ini Axa Financial telah membuka kantor cabang di beberapa kota besar di Indonesia
# Macam – Macam Produk Asuransi Axa Financial
- Proteksi
- MaestroLink Plus
- MaestroLink MaxiAdvantage Fund
- Maestro Syariah
- Maestro
Term
- Maestro Elite Care
- Maestro
Hospital Plan
- Splash
Campaign
# Marketing Mix Perusahaan
# Product
Axa Financial menempatkan prioritas tertinggi pada kualitas produk dimana selalu memberikan inovasi-inovasi dibandingkan pesaingnya.
# Price
Axa Financial memberikan premi yang terjangkau oleh kalangan bawah dengan kualitas produk yang memuaskan.
# Place
Axa Financial sudah tersebar di berbagai negara dan untuk di Indonesia sendiri sudah tersebar di banyak kota, jadi nasabah dimanapun berada tidak akan kesulitan jika akan mengajukan klaim.
# Promotion
Axa Financial menyebarkan brosur-brosur yang berkualitas, mengadakan seminar tentang pentingnya asuransi, mengadakan talk show di televisi, dan menayangkan iklan di televisi nasional.
# Analisis Swot
#Strength (Kekuatan)
- Pilihan produk yang banyak sehingga bisa memberikan beberapa alternatif kepada konsumen dalam membuat polis asuransi.
- Premi yang cukup terjangkau dengan manfaat yang lebih baik dari asuransin sejenis lainnya.
- Memiliki cabang hampir di seluruh kota di Indonesia, sehingga memudahkan nasabah untuk mengajukan klaim.
- Keuangan atau Risk Based Capital (RBC) yang melebihi standar pemerintah yaitu 225%.
- Rekanan rumah sakit yang tersebar di seluruh dunia.
- Axa membuat terobosan baru dimana 30 menit klaim cair (untuk kota-kota tertentu dan nominal tertentu).
- Axa memiliki garansi investasi.
- Axa
merupakan asuransi peringkat kedua di Indonesia dan peringkat
pertama di dunia.
- Loyalitas agen asuransi yang rendah.
- Tenaga penjual yang seringkali tidak jujur dalam menjelaskan produk asuransi.
- Beberapa
kantor yang kondisinya kurang terawat.
- Produk yang ditawarkan Axa kedepannya merupakan kebutuhan pokok dimana setiap orang harus memilikinya.
- Kebutuhan akan jaminan kesehatan akan sangat dibutuhkan di jaman modern ini.
- Biaya rumah sakit yang mahal sehingga memiliki polis asuransi kesehatan menjadi pilihan.
- Axa memiliki produk investasi + asuransi sehingga akan lebih menarik minat masyarakat.
#
# Threat (Ancaman)
- Kekuatan produk asuransi lain yang lebih dahulu menguasai pasar.
- Munculnya produk-produk baru dari perusahaan lain yang lebih inovatif.
- Ketidakstabilan perekonomian nasional dan dunia yang menyebabkan turunnya
daya beli masyarakat.
- Masyarakat memiliki banyak pilihan terhadap produk asuransi lain.
- Lingkungan bisnis yang sangat tidak pasti dan pasar yang semakin kompetitif.
- Pemahaman
masyarakat yang salah tentang produk asuransi.
Berdasarkan
analisa internal dan eksternal, diperoleh butir-butir kekuatan,
kelemahan, peluang, ancaman. Maka dapat ditentukan pembobotan dari
masing masing butir tersebut. bobot setiap factor dari Strength,
Weakness, Opportunity, Threats diberi nilai = 1,00. sedangkan untuk
masing – masing rating factor akan diberi criteria sebagai berikut
:
Untuk
rating faktor Strength diberi kriteria :- Rating 1 : Sedikit Kuat
- Rating 2 : Agak Kuat
- Rating 3 : Kuat
- Rating
4 : Sangat
Kuat
- Rating 1 : Sedikit Lemah
- Rating 2 : Agak Lemah
- Rating 3 : Lemah
- Rating
4 : Sangat
Lemah
- Rating 1 : Sedikit Peluang
- Rating 2 : Agak Peluang
- Rating 3 : Peluang
- Rating
4 : Sangat
Peluang
- Rating 1 : Sedikit Mengancam
- Rating 2 : Agak Mengancam
- Rating 3 : Mengancam
- Rating
4 : Sangat
Mengancam
# Matriks SWOT Kearns
Eksternal
Internal
|
OPPORTUNITY
|
TREATHS
|
STRENGTH
|
ComparativeAdvantage
|
Mobilization
|
WEAKNESS
|
Divestment/Investment
|
Damage
Control
|
Agar Axa Financial dapat menganalisis situasi saat ini, maka digunakanlah analisis SWOT dengan melakukan penilaian terhadap faktor internal dan eksternal menggunakan pendekatan kuantitatif. Penilaian terhadap indikator digunakan nilai berskala empat, yaitu satu = di bawah rata-rata; dua = rata-rata; tiga = di atas rata-rata; dan empat = sangat baik.
IFAS (Internal Strategic Factors Analysis Summary)
Strength
(Kekuatan)
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Pilihan
produk yang banyak sehingga bisa memberikan beberapa alternatif
kepada konsumen dalam membuat polis asuransi.
|
3
|
0.1
|
4
|
0.4
|
Premi
yang cukup terjangkau dengan manfaat yang lebih baik dari asuransi
sejenis lainnya.
|
4
|
0.13
|
4
|
0.52
|
Memiliki
cabang hampir di seluruh kota di Indonesia, sehingga memudahkan
nasabah untuk mengajukan klaim.
|
4
|
0.13
|
4
|
0.52
|
Keuangan
atau Risk Based Capital (RBC) yang melebihi standar pemerintah
yaitu 225%.
|
4
|
0.13
|
4
|
0.52
|
Rekanan
rumah sakit yang tersebar di seluruh dunia.
|
4
|
0.13
|
4
|
0.52
|
Axa
membuat terobosan baru dimana 30 menit klaim cair (untuk kota-kota
tertentu dan nominal tertentu).
|
3
|
0.1
|
4
|
0.4
|
Axa
memiliki garansi investasi.
|
4
|
0.13
|
4
|
0.52
|
Axa
merupakan asuransi peringkat kedua di Indonesia dan peringkat
pertama di dunia.
|
3
|
0.1
|
4
|
0.4
|
Total
|
29
|
0.95
|
3.8
|
Weakness
(Kelemahan)
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Loyalitas
agen asuransi yang rendah
|
4
|
0.44
|
-4
|
-1.76
|
Tenaga
penjual yang seringkali tidak jujur dalam menjelaskan produk
asuransi
|
4
|
0.44
|
-2
|
-0.88
|
Beberapa
kantor yang kondisinya kurang terawat.
|
1
|
0.11
|
-2
|
-0.22
|
Total
|
9
|
1.08
|
-2.86
|
EFAS (External Strategic Factors Analysis Summary)
Opportunity
(Peluang)
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Produk
yang ditawarkan Axa kedepannya merupakan kebutuhan pokok dimana
setiap orang harus memilikinya.
|
4
|
0.26
|
4
|
1.04
|
Kebutuhan
akan jaminan kesehatan akan sangat dibutuhkan di jaman modern ini.
|
4
|
0.26
|
4
|
1.04
|
Biaya
rumah sakit yang mahal sehingga memiliki polis asuransi kesehatan
menjadi pilihan.
|
4
|
0.26
|
4
|
1.04
|
Axa
memiliki produk investasi + asuransi sehingga akan lebih menarik
minat masyarakat.
|
3
|
0.2
|
3
|
0.6
|
Total
|
15
|
3.72
|
Threat
(Ancaman)
|
Nilai
|
Bobot
|
Rating
|
Skor
|
Kekuatan
produk asuransi lain yang lebih dahulu menguasai pasar.
|
4
|
0.18
|
-3
|
-0.54
|
Munculnya
produk-produk baru dari perusahaan lain yang lebih inovatif.
|
4
|
0.18
|
-2
|
-0.36
|
Ketidakstabilan
perekonomian nasional dan dunia yang menyebabkan turunnya daya
beli masyarakat.
|
4
|
0.18
|
-4
|
-0.72
|
Masyarakat
memiliki banyak pilihan terhadap produk asuransi lain.
|
3
|
0.13
|
-3
|
-0.39
|
Lingkungan
bisnis yang sangat tidak pasti dan pasar yang semakin kompetitif.
|
3
|
0.13
|
-3
|
-0.39
|
Pemahaman
masyarakat yang salah tentang produk asuransi.
|
4
|
0.18
|
-4
|
-0.72
|
Total
|
22
|
0.98
|
-3.12
|
#
ANALISIS MATRIKS SWOT
Berdasarkan
hasil-hasil yang didapat dari analisis internal dan eksternal pada
table dituliskan diatas, hasilnya dapat dirangkum sebagai berikut :- Skor total Total Strength : 3.8
- Skor Total Weakness : -2.86
- Skor Total Opportunity : 3.72
- Skor Total Threat : -3.12
Maka, penentuan Axa Financial dapat digambarkan sebagai matrik SWOT, seperti :
- Koordinat
Analisis Internal:
(3,8 – 2,86) : 2 = 0,47
- Koordinat
Analisis Ekternal:
(3,72 – 3,12) : 2 = 0,3
Jadi, titik koordinatnya terletak pada (0,47 ; 0,3)
# Diagram SWOT
Kesimpulan :
Berdasarkan nilai bobot dan rating setiap unsur matrik di atas, maka diketahui bahwa posisi perusahaan saat ini berada pada kuadran I, yaitu kuadran expansion yang terletak pada titik koordinat (0.47,-0.3).
KUADRAN
|
POSISI MATRIK | LUAS MATRIK | RANGKING | PRIOROTAS STRATEGI |
I |
(3.8 ;
3.72)
|
14.136
|
1
|
Growth
|
II |
(2.86 ;
3.72)
|
10.6392
|
3
|
Stability
|
III |
(2.86 ;
3.12)
|
8.9232
|
4
|
Rentrechment
|
IV |
(3.8 ;
3.12)
|
11.856
|
2
|
Combination
|
# KORELASI ANTARA KEKUATAN DAN KELEMAHAN DENGAN PELUANG DAN ANCAMAN
# PROGRAM-PROGRAM ATAU STRATEGI YANG DAPAT DIRENCANAKAN UNTUK PENGEMBANGAN PERUSAHAAN
- Pada kuadran I ( S O Strategi ) strategi umum yang
dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menfaatkan peluang dengan
mendayagunakan kekuatan yang dimiliki.
- Melakukan penetrasi pasar dengan memperkenalkan premi yang cukup terjangkau.
- Melakukan edukasi ke masyarakat dengan uang kecil membeli uang besar yang berarti menabung di asuransi untuk mendapatakn proteksi kesehatan dan jiwa.
- Memperkenalkan solusi keuangan ke institusi-institusi pemerintahan maupun swasta untuk mengatasi mahalnya biaya rumah sakit.
- Mengedukasi mahalnya biaya rumah sakit akan teratasi dengan memiliki asuransi kesehatan AXA yang akan menbayar klaim sesuai tagihan.
- Melakukan kerjasama dengan banyak rumah sakit di dunia demi memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabah.
2. Pada kuadran II ( W O Strategi )
perusahaan dapat membuat keunggulan pada kesempatan sebagi acuan untuk mengurangi
kelemahan dengan melihat peluang yang ada.
- Pada kuadran III ( W T Strategi ) Meminimumkan dan
mengurangi kelemahan dan ancaman yang dihadapi.
- Mengadakan ujian masuk dan sertifikasi bagi agent asuransi.
- Memberikan training berkelanjutan kepada agent baru maupun agent berpengalaman.
- Memberikan reward kepada agen yang berprestasi.
- Pada kuadran IV ( S T Strategi ) Mendayagunakan setiap
kekuatan yang dimiliki untuk mengurangi dan mengantisipasi ancaman.
- Melakukan penetrasi pasar dengan memperkenalkan premi yang hampir sama dengan asuransi lainnya namun memiliki manfaat proteksi yang lebih baik.
- Memperkenalkan sistem investasi yang memiliki garansi yang menjadi terobosan terbaru di dunia asuransi.
- Memperkenalkan asuransi kesehatan tanpa inner limit (batasan) dimana klaim biaya rumah sakit dibayar sesuai tagihan.
- Membuat asuransi dengan premi yang rendah sehingga masyarakat kelas bawah dapat memilikinya.
# Strategi Bisnis Unit
Tahapan berikutnya adalah menentukan alternatif strategi bisnis unit berdasarkan letak posisi kuadran. berdasarkan pada diagram Matrik SWOT diatas, PT. Axa Financial Indonesia terletak pada posisi Kuadran I. Masing-masing jenis strategi perkembangan bisnis unit dapat digambarkan pada Diagram Matrik Strategi Umum berikut ini:
- Prioritas I
Menciptakan produk baru untuk pelanggan yang sama dimana produk baru ditujukan untuk segmen kalangan menengah.
- Faktor penentu keberhasilan :Inovasi produk dengan menghasilkan produk yang berkualitas dan harga yang terjangkau
- Aktivitas yang dilakukan :Meningkatkan jenis investasi, Pengadaan SDM yang berkompeten di bidangnya dan Penggunaan dana sesuai dengan alokasi yang sudah ditentukan
- Output : Klaim asuransi kesehatan sesuai tagihan dan garansi investasi yang berbeda
- Outcome : Meningkatkan volume penjualan pada market share
- Impact
: Citra perusahaan meningkat dan Sebagai pelopor Investasi
bergaransi
pertama di dunia asuransi
Meningkatkan pangsa pasar yang ada untuk produk tertentu melalui usaha pemasaran secara besar-besaran.
- Faktor penentu keberhasilan :
SDM yang berkompeten di bidang pemasaran, memiliki strategi pemasaran dan tersedianya anggaran biaya - Aktivitas yang dilakukan :
Merekrut SDM yang mempunyai semangat dan berdedikasi tinggi. Keahlian dan skill bisa dilatih kemudian. Melakukan promosi/mengefektifkan iklan dan mengalokasikan dana sesuai kebutuhan- Output : Pangsa pasar pesaing menurun, menguasai pangsa pasar
- Outcome : Total penjualan asuransi dan profit perusahaan meningkat
- Impact
: Semakin meluasnya pangsa pasar
Menambah produk – produk baru yang saling berhubungan untuk pangsa pasar yang sama
- Faktor penentu keberhasilan :
Inovasi produk, pengadaan SDM yang ahli dan harga yang kompetitif - Aktivitas yang dilakukan :
Meningkatkan variasi produk, aktif merekrut tenaga penjual dan harga menyesuaikan kebutuhan masyarakat Indonesia- Output : Asuransi Kesehatan + Asuransi Jiwa + Investasi
- Outcome : Meningkatkan penjualan produk dan profit perusahaan
- Impact
: Citra perusahaan meningkat
Menambah produk – produk baru yang saling tidak berhubungan untuk pangsa pasar yang berbeda
- Faktor penentu keberhasilan :
Inovasi produk, harga yang terjangaku dan manfaat produk yang besar - Aktivitas yang dilakukan :
Menggembangkan ide-ide baru, pemberian discount dan menambah manfaat yang lebih besar dari produk yang sudah ada.- Output : Asuransi Paket Keluarga (ada pemberian diskon)
- Outcome : Meningkatkan penjualan produk dan profit perusahaan
- Impact : Citra perusahaan meningkat, meluasnya pangsa pasar
#
Porter’s Five Forces
Ancaman
pendatang baru
Modal
dan asset yang besar dibutuhkan jika ingin masuk ke industri
Asuransi. Sulit untuk memulai di sebuah industri dimana telah
ada perusahaan yang beroperasi dengan berbagai strategi biaya. Tetapi
jika bisa menemukan alternative produk dan berinovasi mungkin saja
bisa masuk dan bertahan di industri tersebut. Pendatang baru akan di
hadapkan pada isu permanent di industri ini yakni berinvestasi pada
R&D yang bisa menciptakan produk inovatif dan unik. Selain
itu pendatang baru juga harus dengan cepat memperkuat brand name
ketika mencapai economic of scale perusahaannya melalui
proses supply chain , serta pengembangan jalur dan
infrastruktur distribusi. Dari hal yang diuraikan di atas dapat
dilihat bahwa kesempatan pendatang baru untuk masuk menjadi rendah.
Ancaman
dari produk pengganti
Bagi
Axa Financial, hampir semua produk jasa keuangan yang memiliki fungsi
dan performansi hampir sama dengan Axa Financial dapat diperhitungkan
sebagai produk substitutes
dilihat
dari manfaat yang diberikan. Ancaman produk pengganti di dalam
industry jasa keuangan sendiri apabila di lihat dari manfaatnya
tidaklah tinggi, walaupun banyak produk jasa keuangan yang beredar
untuk menggantikan posisi asuransi
tetapi
keberadaan asuransi belum bergeser fungsi.
Daya
Tawar dari broker/pemain saham
Jika
meninjau perusahaan Axa Financial ini, daya tawar brokernnya rendah
karena Axa Financial mengelola sendiri dana nasabah dengan memiliki
treasure handal.
Kekuatan
Pembeli
Pembeli
memiliki kekuatan yang besar untuk beralih ke satu produk karena
mudahnya akses informasi pada era sekarang mengenai spesifikasi
lengkap produk, manfaat, palfon serta harga yang sangat bersaing
untuk asuransi.
Rival
yang kompetitif
Banyak
sekali pesaing yang bergelut di industri yang sama dengan perusahaan
Axa Financial. Dengan kemajuan informasi yang pesat akan menjadi
susah bagi Axa Financial untuk meraup untung besar jika tidak selalu
melakukan inovasi dan membuat gebrakan baru seperti apa yang telah
mereka lakukan sebelumnya.
#
ANALISA PERSAINGAN AXA FINANCIAL
Tabel
Analisa Persaingan Axa Financial dengan Pesaing Utama
4P
|
Axa
|
Prudential
|
Keterangan
|
Action
Plan
|
PRODUCT
|
Unggul
|
Banyaknya
ragam produk dengan beraneka manfaat
|
Mengembangkan
inovasi produk dengan manfaat yang dibutuhkan oleh masyarakat saat
ini.
|
|
PRICE
|
Unggul
|
Premi
yang ditawarkan sesuai dengan manfaat yang akan diterima
|
Low
cost, high impact
|
|
PLACE
|
Unggul
|
Tersebar
luas merata di seluruh wilayah daerah hingga ke pelosok
negeri
|
Maintenance
kantor pusat, cabang, dan pembantu
|
|
PROMOTION
|
Unggul
|
Unggul
dalam pemasaran seperti intensifikasi iklan
|
Tetap
mempertahankan efektivitas ilkan atau promosi
|
Tabel
Analisa Persaingan Axa Financial dengan Produk Pengganti
4P
|
Bank
|
Pasar
Modal
|
Keterangan
|
Action
Plan
|
PRODUCT
|
Unggul
dalam pengelolaan dana jangka pendek
|
Unggul
dalam fleksibilitas pendanaan
|
Beragamnya
aneka manfaat dari masing-masing produk
|
Menciptakan
inovasi yang berbeda dari produk pengganti
|
PRICE
|
Bisa
diterima kalangan bawah
|
Cenderung
menyentuh kalangan eksekutif
|
Harga
yang lebih murah dan terjangkau
|
Memberikan
hasil investasi yang bagus
|
PLACE
|
Luas
|
Masih
di wilayah-wilayah tertentu
|
Tersebar
luas merata di seluruh wilayah daerah hingga ke pelosok
negeri
|
Maintenance
kantor pusat, cabang, dan pembantu
|
PROMOTION
|
Unggul
|
Hampir
tidak ada promosi
|
Iklan
di berbagai media masa maupun elektronik
|
Tetap
mempertahankan efektivitas ilkan atau promosi
|
Key Perfomance Indikator
Strategi
Unit Bisnis
|
Key
Perfomance Indikator
|
Ukuran
|
Base
Line
|
Sasaran
|
Realita
|
Pencapaian
%
|
Skor
Kinerja
|
Hasil
|
Hasil
|
||||||
Menciptakan Produk Baru dengan
harga yang terjangkau
|
Premi
yang murah dengan manfaat yang bagus
|
Meminimalkan
biaya
|
Rp. 97.000/bulan
|
Rp. 97.000/bulan
|
Rp. 97.000/bulan
|
100%
|
300%/3=100%
|
Strategi
promosi yang aktif
|
Waktu
|
3 Tahun
|
3 Tahun
|
3 Tahun
|
100%
|
||
Tersedianya
anggaran
|
Berapa
dana yang dibutuhkan (Rp)
|
22 M
|
22 M
|
22 M
|
100%
|
||
Meningkatkan Pangsa Pasar
|
SDM
yang berkompeten di bidangnya
|
Jumlah
dan kualifikasi SDM
|
2000
|
3000
|
3000
|
100%
|
280%/3=93.3%
|
Target
Market
|
Golongan
|
Kalangan menengah dan atas
|
Kalangan atas, menengah, dan bawah
|
Kalangan atas, menengah, dan bawah
|
80%
|
||
Market
Share
|
Wilayah
|
Jawa
|
Seleuruh Indonesia
|
Seluruh Indonesia
|
100%
|
2 komentar:
Ribet juga yah tugasnya.
-------------------
Obat Jerawat
Toko Kosmetik Online Makassar
Cream Sari
haha iya ini juga masih belum selesai :D
Posting Komentar