Jumat, 21 November 2008

Indonesian Idol


Ga terasa banget ya, Indonesian Idol udah lewati tahun kelima, dan telah lahir banyak penyanyi-penyanyi profesional dari ajang ini.
Disini gw cuma mau bahas tentang sudah layakkah para The Winner Indonesian Idol itu pantas menjadi yang nomor satu.... key :

Pertama-tama dari Indonesian Idol 1 dulu nih, menurut gw yang harusnya masuk Grand Final itu adalah Joy dan Lucky, bukannya Delon karena menurut gw karakter suara Lucky tu khas banget dan kuat dan terlihat profesional banget bila dibandingkan Delon yang memiliki suara seriosa. Dan untuk Joy hanya 2 kata "Luar Biasa". Cewek satu ini tu memang punya telenta bernyanyi yang hebat, walaupun dia memiliki kekurangan yaitu tidak bisa bicara 'R' atau biasa disebut pelo tapi semua itu bisa tertutupi dengan performa panggung yang maksimal dan natural, serta teknik menyanyi untuk semua lagu ia kuasai dengan sempurna. Jadi memang pantas k'lo Joy menjadi juara idol tahun pertama..

Lalu ditahun kedua Indonesian Idol, peserta yang masuk babak spektakuler Indonesian Idol 2 ini lebih bervariasi, ada yang R 'n B, Rock, Reggae, Pop, Jazz Swing dan lebih punya karakter suara yang kuat atau ciri khas yang bisa membedakan satu dengan yang lainnya. Jadi secara keseluruhan 12 Finalis idol 2 ini lebih baik dari Idol 1. Dan di Idol 2 ini 2 besarnya adalah Mike dan Judika, yang pada akhirnya Mike keluar menjadi Juara. Dan kedua finalis ini memang pantas berada di panggung Grand Final, Dimana Mike memiliki suara pop mellow dengan improvisasi yang enak didengar sedangkan Judika memiliki suara rock dengan jangkauan vocalnya yang tinggi dan kedua finalis ini mampu menyanyikan segala jenis lagu. Luar Biasa bukan...

Di Tahun ketiga Indonesian Idol terjadi penurunan kualitas, sebab banyak suara-suara emas yang gagal masuk ke spekta karena kurangnya dukungan sms. Ihsan dan Dirly menjadi yang terbaik di idol 3 ini, tetapi menurut saya mereka kurang pantas walaupun dalam hal bernyanyi Ihsan hampir tidak pernah ada nada yang fals, sedangkan dirly yang pada awalnya nyanyinya hancur berkembang pesat jadi lebih baik dengan teknik improvnya yang kalau saya bilang sangat-sangat luar biasa. Tapi ada yang lebih pantas menjadi di grand finalis di idol 3 ini yaitu Gea dan Ilham, Mengapa? Gea itu memiliki suara sengau yang enak walaupun nafasnya pendek dan di Indonesia belum ada tipe suara yang seperti Gea, jadi bisa dibilang suara Gea itu khas banget. Disamping itu Gea juga mempunyai gaya panggung yang memikat sehingga membuat orang tertarik untuk melihatnya. Sedangkan Ilham itu mempunyai suara yang R 'n B banget dan improv2nya tu kena banget dan terasa tidak dibuat-buat dengan kesulitan lagu yang cukup tinggi. Jadi di Idol 3 ini yang pantas menjadi The Winner itu adalah Gea bukan Ihsan.

Indonesian Idol 4 kembali ada peningkatan dan masyarakat benar-benar memilih secara kualitas bukan tampang. Terbukti Grand Finalisnya mempunyai Vocal yang luar biasa yaitu Wilson dan Rini. Disini saya tidak banyak membahas karena 2 Finalis ini memang pantas berada di panggung Grand Final. Selamat buat Rini yang akhirnya menjadi The Next Indonesian Idol.

Dan di Indonesian Idol edisi kelima ini cukup menarik dan banyak terjadi konflik antar para juri untuk memilih siapa yang terbaik. Sebut saja salah satu grand finalis idol 5, Gisel, yang pada awalnya diprediksi bakal tersingkir di babak-babak awal tapi malah melaju terus sampai Grand Final, hampir sama kisahnya seperti Dirly. Dan untuk juara idol 5 ini, Aris, cukup pantas. Dengan suara yang benar-benar kuat walaupun teknik bernyanyinya masih awam tapi mempunyai kharisma yang kuat sehingga setiap lagu yang dibawakannya itu benar-benar lagunya 'Aris banget'. Dan posisi Gisel seharusnya ditempati oleh Aji, dimana kemampuan vocal Aji tu jauh melebihi Gisel ditambah lagi karakter suara Aji beda banget dengan para Idol lainnya termasuk para alumninya karena karakter suara Aji tu serak-serak basah dan cenderung nge-Jazz ditambah dengan gayannya yang unik.

Dan dibawah ini aku menentukan 10 penyanyi terbaik dari Indonesian Idol 1 sampai Indonesian Idol 5, menurut versi Gw...

1. Joy Tobing
2. Mike Mohede
3. Judika
4. Gea
5. Aris
6. Rini
7. Lucky
8. Ilham
9. Ihsan
10. Dirly

Doain juga ya supaya Indonesian Idol 6 diadain.... Siapa tahu aku bisa jadi Juaranya he..he..he...

Tidak ada komentar: