Jumat, 11 Maret 2011

Kemanakah Sinetron Yang Mendidik ?


Sudah lama tulisan ini saya buat, namun baru kali ini sempat saya posting.
Pagi-pagi habis nganterin ibu kerja, trus olahraga ringan sambil liat tv. Pas ganti-ganti chanel tv, saya tertarik untuk melihat 1 sinetron lama yang menurut saya abadi, Si Doel Anak Sekolahan. Sinetron yang dibintangi oleh Rano Karno, Suti Karno, Alm. H Benyamin S, Alm. Basuki, Alm. Pak Tile, Mandra, Cornelia Agatha, Maudy Koesnaidy, Nunung, dan masih banyak lagi serasa membawa saya kembali ke tahun 95-an, dimana waktu itu saya masih TK. Sinetron Si Doel juga sinetron-sinetron pada masa itu sangat beda dengan sinetron – sinetron jaman sekarang yang terkesan mengada-ada dan tidak realita sama sekali. Sinetron jaman sekarang hanya mengandalkan genre cinta yang ceritanya itu-itu saja, tidak ada improvement serta tidak mementingkan sinematografi serta unsur pendidikan atau pelajaran setelah melihatnya. Mungkin daya tariknya adalah bintang-bintang sinetronnya yang cakep2, lebih dari itu tidak ada.

Selain si doel ada 1 sinetron lagi yang saya ingat, yaitu Keluarga Cemara. Sangat mendidik sinetron satu ini, banyak pesa-pesan positif yang dapat diambil.

Seandainya bila stasiun tv jeli mereka bisa memutar kembali sinetron-sinetron jaman dahulu atau juga sitkom yang pernah tenar pada waktu itu seperti, Ada-ada saja, Gara-gara, Lika liku laki laki, warkop dki, dan masih banyak lagi.


Tidak ada komentar: