Selasa, 27 Juli 2010

Memulai Joomla

Hei Winners... Kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang memulai joomla. Saya menulis ini karena pada saat saya memulai joomla, dari sekian banyak artikel mengenai joomla di internet tidak banyak membantu saya untuk langkah memulai joomla. Akhirnya saya pun berguru pada salah satu kawan yang banyak mengetahui hal tentang joomla, sampai akhirnya pun saya mengerti bagaimana memulai joomla.

Sebagai awalan Winners di beri pilihan untuk mendownload sebuah sistem untuk menjalankan joomla. Setahu saya ada 2 sistem, yaitu xampplite dan uniform server. Untuk mengikuti tutorial ini Winners diharuskan untuk mendownload xampplite (maaf saya tidak menyediakan linknya karena saya lupa, Winners bisa search di om google). Setelah mendownload selesai, Winners harus mendownload joomla (terserah versi berapa, kalau saya menggunakan versi 1.5.20). Silahkan cari sendiri di om google joomlanya.

Setelah selesai mendownload Winners extract xampplite dan taruh di directory drive (terserah drive apa saja). Jangan taruh di dalamnya folder, contoh : D:\website\xammplite. Yang benar seperti ini D:\xampplite. Paham?? Bagus kalau begitu.

Buka folder xammplite lalu jalankan xampp-control. Start Apache dan MySql, sampai ada label running.

Kembali ke folder xampplite, lalu cari folder htdocs. Di dalam folder tersebut buatlah sebuah folder baru dengan nama sesuka Winners. Saya menggunakan nama Joomla. Didalam folder baru tersebut taruhlah file joomla yang tadi di download namun sudah Winners extract. Sudah beres??? Sekarang buka browser masing-masing.

Ketik http://localhost/joomla/ (Bila Winners menggunakan nama lain pada saat membuat folder baru, gunakan nama tersebut, ex : http://localhost/nama folder baru/). Paham???

Setelah itu akan tampil halaman install joomla. Umumnya step 1 sampai 3 langsung next. Jika Winners menginginkan menggunakan bahasa lain dapat merubah bahasa pada step 1. Pada step 4 isilah setiap kolom sesuai dengan petunjuk disampingnya. Untuk kolom password tidak usah diisi. Step 5 kita lewati. Di step 6 isi nama web, email, password lalu klik button (kalau ga salah ada kata-kata sample/simple). Next dan Finish. Jangan lupa setelah menginstal joomla hapuslah folder instalation di dalam folder yang anda buat tadi.

Untuk masuk ke menu admin, ketik http://localhost/joomla/administrator, Username : Admin, pass : passwor anda pada saat install Jommla.

Didalam menu admin tersebut disitulah tempat para Winners mengutak-atik joomla sehingga menjadi web yang keren.

Selamat Mencoba^^

Tidak ada komentar: