Jumat, 10 Juni 2011

3 IDIOTS - ALL IS WELL


Kupikir aku sudah menulis review tentang 3 Idiots, ternyata belum. 3 Idiots benar-benar film yang sangat menginspirasi untuk kaum muda maupun orang tua. Jujur saya merinding setelah nonton film ini, bukan karena ketakutan, melainkan karena pesan yang disampaikan film ini sungguh DAHSYAAAATTTTT.

So, Jadi, 3 Idiots bercerita tentang kisah 3 sekawan bernama Rancho (Aamir Khan), Raju (Sharman Joshi), dan Farhan (Madhavan), dalam menjalani kehidupan kuliahnya di salah satu institut engineering terkemuka di India. Di situ diceritain kalau sistem pendidikannya itu nggak menjadikan mahasiswanya sebagai manusia, tapi jadi mesin, yang paradigmanya kuliah, lulus dengan nilai bagus, dapet kerjaan, gaji tinggi, hidup bahagia (familiar dengan hidup kita kan?). Sistem pendidikannya nggak membuat manusia itu semangat mencari ilmu, melainkan cuma mendapatkan gelar semata. Menghafal tanpa tahu apa maksud ilmu itu sendiri itulah yang diterapkan oleh Virus (Boman Irani). Dan salah satu mahasiswa yang menerapkan sistem Virus adalah Catur (Omi Vaidya). Catur dan Rancho adalah 2 Mahasiswa yang selalu mendapat nilai tinggi di kampus itu, sedangkan Raju dan Farhan merupakan 2 mahasiswa yang selalu mendapat nilai terendah. Raju selalu mendapat nilai terendah karena dia terlalu takut dengan masa depannya karena kondisi keluarganya yang miskin sehingga tidak pernah fokus, sedangkan Farhan tidak memiliki gairah di mesin, dia mencintai dunia fotografi, namun takut menentang keinginan sang Ayah. Kisah di film ini alurnya maju mundur, khas film2 India. Kisah cinta pun terselipkan di film ini antara Rancho dan Pia (Kareena Kapoor) anak dari Virus. Tari-tarian dan lagu-lagu India pun tidak lupa mengisi film ini.
3 kawanan idiots ini selalu membuat masalah di kampus, sehingga membawa mereka ke kondisi2 yang rumit. Namun bukan tanpa alasan 3 idiots ini membuat masalah, mereka hanya ingin merubag paradigma berfikir mahasiswa dan Virus tentang pendidikan yang benar. Sampai pada suatu ketika Catur marah besar sehingga ia bertaruh 10 tahun kemudian siapa yang bakal sukses. Catur atau Rancho. Waktu pun berjalan, Raju pun mendapat pekerjaan yang layak karena telah melepaskan rasa takutnya dan berani jujur. Sedangkan Farhan berani menentang Ayahnya dan mengikuti kata hatinya untuk menjadi fotografer alam liar. Catur menjadi Insinyur Sukses. Lalu Rancho?? Cari sendiri jawabanya ya.... hehehe


Faktor besar yang membuat film ini keren adalah karena banyaknya inspirasi yang ada di sana. Nilai-nilai yang diangkat sama film itu benar-benar adalah nilai-nilai yang saya yakini. Beberapa di antaranya ada di bawah (NB: kalian harus nonton untuk benar-benar menghayati nilai-nilai ini! :) )

  • Berpikir positif dalam berbagai kondisi akan sangat membantu. Walaupun berpikir positif belum tentu menyelesaikan masalah, setidaknya itu akan membantu kita tidak memperpanjang masalah. Satu hal yang selalu diangkat dalam 3 Idiots adalah quotes-nya Rancho: all is well (semua baik-baik saja). Dan itu
  • Jangan cuma mengejar impian sendiri, bantu orang lain mewujudkan impiannya. Rancho melakukan itu semua, menyadarkan Raju untuk mengatasi ketakutan-ketakutan dalam hidupnya, dan menyadarkan Farhan untuk mengikuti kata hatinya.
  • Ikuti kata hati kita, jangan berpura-pura, lakukan apa yang memang benar-benar kita sukai. Kalau bertentangan dengan apa yang orang tua kita inginkan? Bicaralah baik-baik dengan mereka, tunjukkan bukti kalau kita memang serius di bidang itu. Tunjukkan suatu prestasi yang sekiranya akan ‘melunakkan’ hati mereka. Semua orang tua bisa dipastikan ingin anaknya bahagia di masa depan. Kalau jalan yang mereka berikan tidak kita sukai, yakinkan mereka bahwa jalan yang kita pilih akan membuat kita bahagia. Farhan did that! :)
  • Jangan pernah takut menghadapi hidup. Hilangkan ketakutan-ketakutan tak beralasan yang membuat kita tidak berkembang. Takut menghadapi sendirian? Cari sahabat untuk berjuang bersama.
  • Bergaullah dengan teman-teman inspiratif, yang bareng-bareng akan saling mendukung dalam kebaikan. 3 Idiots itu, masing-masing saling menginspirasi satu sama lain dengan caranya masing-masing.
  • Hidup ini jangan mengejar kesuksesan. Sukses itu cuma efek, bonus, dari apa yang kita tekuni. Seperti yang dibilang di film: Pursue excellence, and success will follow, pants down.
  • Practice what you preach. Jangan cuma bisa ngomong atau menasihati doang, lakukanlah apa yang udah diomongin. Atau yang lebih baik lagi, bicaralah lewat tindakan kita. Rancho yang emang sangat positif dan bersemangat, begitu ditantangin sama Raju & Farhan supaya melakukan apa yang dia suka omongin, dia langsung membuktikannya!

Terakhir, ini komentar yang bisa saya kasih tentang film 3 Idiots:
  • Ceritanya kuat banget. Alur filmnya maju-mundur-maju-mundur tapi bener-bener membentuk cerita yang utuh.
  • Kocak. Bener-bener ini film menghibur banget! Asli ga bisa dijelasin, harus nonton sendiri
  • Full musik! Bukan film India namanya kalo ga pake musik atau joget2. Tapi beneran, semua musiknya bagus-bagus.. .
  • Lagunya juga inspiratif. Nggak cuma musiknya enak, tapi maknanya inspiratif banget
  • Bener2 bisa memainkan perasaan. Nonton 3 Idiots itu kaya naik roller coaster. Abis ketawa ngakak, emosi langsung dijatuhin lagi karena adegan berikutnya sedih banget. Atau abis deg-degan, abis itu menangis terharu :)
  • Endingnya sangat unpredictable. Ga nyangka deh lihat endingnya. Very2 Surprise...
Jadi, 3 Idiots buat saya nilainya 10 dari 10. Bener-bener film terbaik yg pernah saya tonton! Nyesel kalo nggak nonton dan ga dapet inspirasinya :)

Kareena Kapoor

4 komentar:

Nuel Lubis, Author "Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh" mengatakan...

cewenya gimana bro? hehehehe

The Winner mengatakan...

sexy bro ceweknya...

prawiro mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
The Winner mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.